23213189
Pengertian – Pemasaran
Adalah
salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu
perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup
usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu
kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka
kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung
dalam kaitannya dengan pasar. Kotler (2001) mengemukakan definisi pemasaran
berarti bekerja dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial
dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Sehingga dapat
dikatakan bahwa keberhasilan pemasaran merupakan kunci kesuksesan dari suatu
perusahaan.
Menurut Stanton (2001), definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Konsep Pemasaran
Menurut Stanton (2001), definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Konsep Pemasaran
Pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan akan mengetahui adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut konsep pemasaran (marketing concept). Konsep pemasaran tersebut dibuat dengan menggunakan tiga faktor dasar yaitu:
1. Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsumen/ pasar.
2. Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri.
3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.
Tujuan Pemasaran
Tujuan pemasaran atau marketing objective, adalah apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui bagian pemasaran. Apabila kepuasan konsumen tersebut terpenuhi, maka hasil penjualan produknya akan meningkat, dan akhirnya tujuan pemasaran dapat tercapai, yaitu perolehan laba. Sebaliknya, apabila perusahaan melalaikan kebutuhan konsumen dan hanya berfikir dari sudut pandang produsen saja, kemungkinan hasil penjualan produknya akan menurun, sehingga laba yang diperoleh minim, bahkan dapat terjadi adanya kerugian. Kepuasan konsumen adalah segalanya bagi perusahaan yang berorientasi kepada pemasaran/marketing.
Jenis-jenis Pasar
1.
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya.
Pasar nyata
adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli
oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan
Pasar abstrak
adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan
dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat
dagangannya saja.
2.Jenis pasar menurut cara transaksinya.
Pasar
tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan
pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang
diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
Pasar modern
adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan
harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah
di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
3.Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya.
Beberapa
pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar
sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
4.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi.
Pasar Lokal
Pasar Daerah
Pasar
Nasional, dan
Pasar
Internasional
Konsep-konsep Inti Pemasaran
Kebutuhan :
suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu.
Keinginan :
yang menyangkut keinginan manusia, yaitu kebutuhan yang dibentuk oleh budaya
dan pribadi seseorang
Permintaan :
kebutuhan/keinginan yang tidak terbatas, namun sumber dayanya terbatas.
Produk :
sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk
dimiliki,digunakan, ataupun dikonsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan atau
keinginan.
Pertukaran :
kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan
memberikan sesuatu sebagai gantinya.
Transaksi :
mengendalikan adanya nilai-nilai yang dipertukarkan di antara dua pihak yang
melibatkan sedikitnya dua barang/jasa, syarat-syarat yang di sepakati,waktu kesepakatan,
dan tempat
Pasar :
himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk.
Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah suatu
analisis,perencanaan,implementasi,dan pengendalian dari program-program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang
bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi,oleh karena
itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
Keadaan Permintaan dan Tugas Pasar
1. Permintaan negative
Sebagian besar pasar tidak menyukai produk. Tugas pemasar
adalah menganalisis mengapa pasar tidak menyukai produk, dan apakah suatu
program pemasaran dapat mengubah kepercayaan dan sikap pasar melalui
perancangan kembali produk, harga yang lebih rendah dan promosi yang lebih
positif.
2. Tidak ada permintaan
Tidak memiliki kepentingan terhadap manfaatnya. Tugas pemasar
adalah menemukan cara untuk menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dan
minat pasar.
3. Permintaan terpendam
Memiliki harsat kuat terhadap sesuatu yang tidak
dapat dipuaskan oleh produk atau jasa yang ada. Tugas pemasar adalah mengukur
besarnya pasar potensial ini dan mengembangkan barang serta jasa yang akan
memuaskan permintaan terhadap produk tersebut.
4. Permintaan yang menurun
Setiap organisasi cepat atau lambat
menghadapi menurunnya permintaan terhadap satu atau lebih produknya. Tugas
pemasaran adalah meningkatkan kembali permintaan yang menurun melalui upaya
pemasaran kembali produk bersangkutan dengan cara kreatif.
5. Permintaan yang tidak teratur
Permintaan yang berubah ubah menurut musim, hari,
atau bahkan jam. Tugas pemasaran adalah menemukan cara untuk mengubah pola
waktu permintaan melalui cara penentuan harga yang lebih fleksibel, promosi dan
rangsangan lainnya
6. Permintaan penuh
Menghadapi permintaan penuh apabila
organisasi itu puas terhadap volume atau hasil yang telah dicapainya. Tugas
pemasaran adalah mempertahankan tingkat permintaan ini di tengah perubahan
selera konsumen serta meningkatnya persaingan.
7. Permintaan yang berlebihan
Menghadapi permintaan tingkat yang
lebih tinggi dari pada yang dapat atau ingin dilayaninya. Tugas pemasaran
adalah melakukan demarketing yaitu menemukan cara untuk mengurangi permintaan
sementara maupun permanen, seperti dengan menaikan harga, mengurangi promosi
ataupun aktivitas pelayanan.
8. Permintaan yang tidak sehat
Akan memunculkan upaya yang terorganisasi
untuk mengurangi ataupun mencegah penggunaannya. Tugas pemasaran adalah
mengajak orang orang yang mengemari produk produk ini untuk mengurangi atau
meninggalkannya, dengan peningkatan harga, memberikan ancaman bagi yang
menggunakan, maupun mengurangi ketersediaan produknya.
Falsafah Manajemen Pemasaran
Dapat memberikan tuntutan kepada usaha pemasaran,
sehingga akan tercapai keseimbangan antara kepentingan organisasi, konsumen,
dan masyarakat. Lima konsep dalam manajemen pemasaran yaitu :
a. Konsep
produksi
b. Konsep produk
c. Konsep penjualan
d. Konsep pemasaran
e. Konsep pemasaran kemasyarakatan
b. Konsep produk
c. Konsep penjualan
d. Konsep pemasaran
e. Konsep pemasaran kemasyarakatan
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar